Menikah adalah menyatukan dua karakter yang berbeda, dari suami dan istri. Namun pada kenyataanya, untuk saling memahami karakter masing-masing kadangkala tidak semudah teori. Namun jika didasari dengan cinta kasih karena Allah, dengan ijin-Nya Allah akan menjadikan suami istri itu saling memahami bahkan saling melengkapi satu sama lainnya.

Berikut 11 karakter suami yang harus dimengerti oleh istri agar rumah tangga yang dijalankan dihiasi nauangan cinta kasih. Semoga Allah memberkahi keluarga kita dan menyatukannya di syurga-Nya kelak. aamiin..

1. Laki-laki itu Akal pikiran dominan

Maksudnya adalah, seorang suami jika menemui satu masalah maka yang langsung di pikirkan adalah solusi, berbeda dengan wanita. Biasanya wanita menelusuri dulu penyebabnya dengan perasaanya, baru mencari solusi.

Contoh : Ban mobil/motor pecah, suami akan memikirkan langsung untuk pergi ke tambal ban ( masalah – solusi ), sedangkan wanita akan berpikir dulu kenapa ya ban nya bisa pecah, atau terkena apa ya ko pecah dan lain-lain.

2. Laki-laki itu suka di hormati kepemimpinannya

Fitrah seorang laki-laki adalah menjadi pemimpin, mau setinggi apapun jabatan istrinya, tetap suami adalah pemimpinnya. Ketika seorang bos di perusahaan berbicara kepada seluruh karyawannya, tentu semua karyawan mendengarkan dengan baik apa yang di sampaikan bosnya, di dahulukan pendapat bosnya, ditaati semua perintah bosnya. Seorang suamipun seperti itu.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاءِ بِمَا فَضَّلَ اللَّهُ بَعْضَهُمْ عَلَى بَعْضٍ وَبِمَا أَنْفَقُوا مِنْ أَمْوَالِهِمْ فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ وَاللَّاتِي تَخَافُونَ نُشُوزَهُنَّ فَعِظُوهُنَّ وَاهْجُرُوهُنَّ فِي الْمَضَاجِعِ وَاضْرِبُوهُنَّ فَإِنْ أَطَعْنَكُمْ فَلَا تَبْغُوا عَلَيْهِنَّ سَبِيلًا إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيًّا كَبِيرًا

Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita. Oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (QS. An Nisaa’ : 34)

3. Laki-laki itu tidak suka di hardik

Jika seorang istri ingin menasehati atau mengingatkan suaminya ketika salah maka jangan dihardik, maksudnya jangan langsung di salahkan.

4. Laki-laki tidak suka di gurui

Walaupun dia tidak tahu, tetap dia tidak suka di gurui, solusinya yakni beretorika dengan bertanya dengan sedikit candaan dan dengan nada yang halus dan meminta pendapatnya. Misal ‘Bagaimana ya kalau ada orang seperti ini, pendapat kamu bagaimana? padahal sebenarnya kita sedang membicarakan dia.

5. Laki-laki suka di terimakasihi

Jadi, laki-laki itu suka jika dia memberikan sesuatu kepada istrinya kemudian istrinya berterima kasih. Secara kejiwaan itu bisa mendorong dia untuk melakukan hal yang sama bahkan lebih dari itu untuk menyenangkan istrinya.

6. Laki-laki suka Melindungi

Fitrah laki-laki itu sebagai pelindung dan sifat suami selalu ingin melindungi istri dan keluargannya, sedangkan wanita ingin dilindungi. Subhanallah saling melengkapi yaa.. hehe

7. laki-laki suka untuk digoda

Maksudnya seorang suami suka kalau istrinya berpenampilan spesial misal dengan dandan, pakaiannya yang seksi, wangi. Suami memang butuh itu dirumah dan istri harus memahaminya.

“Sebaik-baik istri adalah yang menjaga diri lagi pandai membangkitkan syahwat. Yakni keras menjaga kehormatan kemaluannya, pandai membangkitkan syahwat suaminya”

8. Laki-laki suka mencium bau yang wangi

Laki-laki itu, jika sedang dekat dengan istrinya kemudian mencium wangi yang ia suka, itu sangat luar biasa berpengaruh pada kejiwaannya sehinga selalu ingin mendekat dan merasa nyaman kepada istrinya.

9. Laki-laki suka melihat keindahan

Seperti pakaian, rumah, tempat tidur. Maka istri harus menciptakan suasana rumah menjadi indah dan membuat suami betah dirumah.

10. Laki-laki itu sulit memaafkan apabila sudah cemburu

Sifat dominan laki-laki adalah cemburu, jika sudah cemburu maka sangat berbahaya sekali. Maka dari itu, seorang istri wajib menjaga kehormatan dan kesetiaanya hanya untuk suaminya seorang.

Pernah ada sahabat ketika pulang kerumahnya dan ditemukan istrinya sedang bersama laki-laki lain kemudian sahabat ini pergi ke masjid Rasulullah dan bertanya ‘Ya Rasulullah saya melihat istri saya berselingkuh maka apa yang harus saya lakukan ? Lalu Sa’ad Radhiallahu anhu langsung keluar dari shaf lalu bicara ‘ya Rasulullah kalau terjadi pada istri saya, saya akan rajam keduanya (hukum Allah berlaku)’. Kata nabi Shallallahu alaihi wasallam ‘Apakah kalian melihat cemburunya Sa’ad? (maksudnya cemburu, kenapa seorang istri masih bisa berzina padahal sudah bersuami), lalu kata para sahabat ‘Iya ya Rasulullah’, Maka saya lebih cemburu dari pada Sa’ad dan Allah lebih cemburu dari pada saya dan Sa’ad.

11. Laki-laki itu mau didahulukan dalam segala hal

Maka seorang istri harus memahami segala karakter dominan yang ada pada suami. Wallahu a’lam. Semoga Allah memberkahi keluarga kita dan menyatukannya di syurga-Nya kelak. aamiin..

 

 

|Lela Ummu Husna|

Sumber : Salah satu kajian ustadz Khalid Basalamah

Komentar:
Bagikan artikel ini:
  • 5
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    5
    Shares