Dibela Malaikat, Siapakah Orang Tersebut?


Ketika ada orang yang akan berhadapan dengan sebuah pengadilan, dia menjadi seorang terdakwa kemudian mendapatkan panggilan dari Majelis Hakim yang mengharuskan datang untuk di adili. Kira-kira apa yang akan di lakukan oleh orang ini ?

Kita bisa memastikan dia akan mencari para pembela, dia akan menyewa pengacara, menyewa praktisi hukum, penasehat hukum dan seterusnya yang akan membela dia di dalam persidangan nanti.

Namun, bisakah kita membayangan ketika di panggil oleh Allah Subhanahu wa ta’ala untuk di adili oleh Nya dengan semua perilaku yang kita lakukan di dunia. Siapakah yang akan kita jadikan sebagai pembela ? Orang tua? istri? anak? ataukah siapa. Kita semua mengakui bahwa mereka semua tidak akan bisa menolong kita. Namun, Allah Subhanahu wa ta’ala mengutus beberapa malaikat yang mereka menawarkan diri untuk menjadi pembela beberapa hamba-Nya yang ketika hidupnya istiqomah di jalan Allah subhanahu wa ta’ala.

Allah mengatakan dalam Al-Qur’an :

إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلائِكَةُ أَلا تَخَافُوا وَلا تَحْزَنُوا وَأَبْشِرُوا بِالْجَنَّةِ الَّتِي كُنْتُمْ تُوعَدُونَ

“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Rabb kami ialah Allah” kemudian mereka istiqomah pada pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu”.” (QS. Fushilat: 30)

Maka malaikat itu datang dengan membawa pernyataan “Jangan takut, jangan sedih“. Kemudian kita di berikan kabar gembira bahwa sebentar lagi akan masuk Syurga. Tidak hanya itu, malaikat ini juga mengatakan “Kami ini akan menjadi pembelamu di dunia dan di akhirat“.

MasyaAllah, apa yang dapat kita bayangkan ketika ada orang yang menghadapi sakaratul maut kemudian datang makhluk-makhluk Allah yang mereka itu istimewa dan menawarkan diri untuk menjadi pembela di hadapan Allah kelak di peradilan Allah yang Maha Adil .

MasyaAllah, ini ayat yang berbicara tentang janji Allah bagi orang-orang yang istiqomah di atas jalan kebenaran.

Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini :

 

Leave a Reply