Cara Mendapatkan Modal Usaha Halal


Setiap orang ingin merealisasikan dirinya sebagai orang merdeka, menentukan kebijakan sendiri, mengambil arah keinginan sendiri, tidak menjadi orang suruhan, bukan bawahan, bukan pekerja, tetapi mempekerjakan diri sendiri dan membawa orang lain untuk bekerja dalam usaha kita. Semua ini adalah bagian dari perniagaan “setiap jual beli yang baik adalah suatu perbuatan amal yang sangat baik“.

Namun keinginan itu sering berhadapan dengan penghalang terbesar yang sering dirasakan banyak orang yang berkeinginan untuk membuka usaha. Apa itu ? Modal usaha. Dan yang selalu terfikirkan pertama kali oleh mereka yang akan membuka usaha adalah bagaimana saya mendapatkan pinjaman modal di berbagai lembaga keuangan yang sebenarnya lembaga-lembaga tersebut masih berbau riba atau bahkan murni riba dalam bentuk lembaga keuangan konvensional.

Lalu ketika kita ingin mendapatkan modal dengan yang halal, penuh pertanyaan yang kita lontarkan. Mana yang syari ? mana yang di bolehkan Islam?. Dan langkah awal dalam memulai usaha dalam bentuk modal sangat menentukan kelanjutan dari usaha yang akan kita buat. Terbayang bukan bagaimana suatu usaha dimulai dengan dosa riba.

Lalu, sebegitu sempitkah hidup ini lalu kemudian kita mencari apa yang jelas di haramkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala? Maka dari itu, renungilah, bacalah, simaklah kisah orang-orang sukses seperti para sahabat dahulu apa yang mereka lakukan sehingga bisa sukses dalam perniagaan nya tanpa harus berlawanan dengan syariat Islam.

Yang pertama mereka miliki adalah keimanan kepada Allah, kemudian sifat yang di katakan oleh Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wasallamBahwa seorang pedagang haruslah mempunyai sifat yang jujur dan dapat di percaya” Maka 2 sifat inilah yang pertama harus di miliki oleh seorang yang akan membuat usaha. Sebelum modal matari, 2 modal sifat inilah yang harus pertama kali dimunculkan dari diri kita atau pupuk dan tumbuh kembangkan sehingga dengan modal inilah kita bisa mendapatkan modal selanjutnya dalam bentuk materi.

Abdurrahman bin Auf Rhadiyallahu Anhu memulai usahanya dari nol, tidak ada satu materi pun saat ia datang ke pasar Madinah. Padahal saudaranya menawarkan hartanya dengan hibah ( tidak perlu di kembalikan ). Tetapi beliau mengatakan ‘Semoga Allah memberkahi hartamu dan keluargamu, lalu beliau meminta untuk ditunjukan dimana pasar’.┬áDatang ke pasar Madinah berbekal sifat jujur dan amanah beliau membangun bisnisnya sehingga menjadi orang yang kaya raya dimasa itu.

Maka dari itu, simak penjelasan Ustadz Dr. Erwandi Tarmidzi, MA berikut ini agar kita mengetahui bagaimana mendapatkan modal usaha yang halal untuk menjadi orang yang sukses dunia akhirat.

Leave a Reply